twitter
rss

Pengertian Palang Merah Remaja

Palang Merah Remaja atau PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Remaja . Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang . Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.


SEJARAH

PALANG MERAH REMAJA (PMR)

Terbentuknya Palang Merah Remaja dilatar belakangi oleh terjadinya Perang Dunia I (1914 – 1918) pada waktu itu Australia sedang mengalami peperangan. Karena Palang Merah Australia kekurangan tenaga untuk memberikan bantuan, akhirnya mengerahkan anak-anak sekolah supaya turut membantu sesuai dengan kemampuannya. Mereka diberikan tugas – tugas ringan seperti mengumpulkan pakaian-pakaian bekas dan majalah-majalah serta Koran bekas. Anak-anak tersebut terhimpun dalam suatu badan yang disebut Palang Merah Pemuda (PMP) kemudian menjadi Palang Merah Remaja (PMR).
Pada tahun 1919 didalam sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa gerakan Palang Merah Remaja menjadi satu bagian dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemudian usaha tersebut diikuti oleh negara-negara lain. Dan pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja.
Di Indonesia pada Kongres PMI ke-IV tepatnya bulan Januari 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia.

Terbentuknya PMR di SMP 5 Semarang 

Terbentuknya PMR di sekolahanku dimulai dari seorang pemuda yang pemberani dan ingin mendidik genarasi muda supaya menjadi peduli akan kepalang merahan remaja , orang itu bernama Dinurahman (orang yang melatih aku dan teman-teman yg lain), dia orang pertama yang membentuk PMR di sekolahanku sekitar tahun 1996 (tahun gue lahir tuh , haha) .


Struktur PMR di SMP 5 (tahun 2009-2010)

Struktur PMR SMP 5 :
Pembina     :  Hj. Narida Suhaimi, S.Pd
Pelatih        : Dinurahman
                   Tri sugiarto
                   Lintang Janurdini
                  Widi Harningsih
Pemimpin   :  Anggi 
Wakil         : Fadil Hening 
Bendahara  : Ratih Kumalasari
Sekretaris   : Sani Sobriya Alala
Anggota      : Banyak banget deh anggotanya, lebih dari 100 (males ngetiknya soalnya banyak)



Juara-Juara yang di Raih PMR SMP 5 Semarang :

Banyak lomba-lomba yg udah pernah di juarai PMR SMP 5 Semarang antara lain :
-Juara PMR Teladan Se-Jateng , nih fotonya :

 -Juara Umum Lopamera V di SMK 7 Semarang (SMK Pembangunan) , ini fotonya :
 -Masih banyak juara-juara yg di raih selain di atas, foto-foto di atas cuma ada di tahun ku loh . hahaha
  PMR SMP 5 ini masih banyak piala-pialanya kalau nggak percaya liat ni di markas besarnya PMR SMP 5.            

Markas PMR SMP 5 Semarang 

Di dalam markas PMR SMP 5 ada banyak piala-piala,mading,data-data lengkap anggota,buku-buku PMR,UKSnya dan ada TVnya jg loh . Keren nggak tuh ??


Foto luar markas PMR SMP 5 . (gambar atas)
Foto di atas adalah dalemnya (ruanganya) markas PMR SMP 5 Semarang .


LMW PMR SMP 5 Semarang 

LMW adalah Lintas Medan Wisata(bisa disebut kemah gt)  , jadi tuh kegiatan PMR di SMP 5 nggak monoton gitu , nyenengin banget deh kegiatan PMR .
Nih foto-foto kegiatan LMW  :

Seru kan ?, makannya ikutan PMR di sekolah-sekolah kalian (usulin buat pelatih kalian biar ekstra PMR asik kayak PMR SMP 5 Semarang)
Sekian cerita saya tentang PMR SMP 5 Semarang .

Makasih udah baca artikel ini :)

2 komentar:

  1. wah , aku gak tau banyak soal PMR smp 5, jadi info yg kmaren cma dikit , heheh

  1. apa lgi gambar2 selain itu,,,,,,,,,,,,,,

Posting Komentar

visitor

free counters